Slidebar Atas

IKLAN BARIS

Membangun Insan Kamil yang Berwawasan dan Berkemampuan Global Berlandaskan Al-Qur'an dan As-Sunnah

Rabu, 04 Oktober 2023

Pendidikan Karakter Perlu Berkelanjutan

 


Pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan praktik. Sedangkan karakter menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sifat-sifat kejiwaan, ahklak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Berkelanjutan (KBBI) dapat diartikan berlangsung terus menerus, berkesinambungan.

Berdasarkan dari pengertian setiap penggalan kata, pendidikan karakter adalah suatu proses pembentukan sikap berkaitan dengan akhlak yang menjadi ciri khas melekat sebagai pembeda seseorang dengan lainnya. Adapun pengertian pendidikan karakter tercantum dalam UU No 20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional. Dalam pengertiannya, pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk kepribadian yang tangguh sesuai dengan identitas Bangsa Indonesia.

Melihat paparan singkat di atas, pendidikan karakter sebagai usaha pembentukan prilaku (akhlak) yang menjadikan seseorang memiliki ketangguhan dalam menghadapi berbagai aspek kehidupan dimasa mendatang. Begitu gagahnya perkembangan teknologi dan informasi yang terus berkembang secara melesat menjadi tantangan bagi berbagai kalangan yang terlibat dalam dunia pendidikan, bagaimana membentengi generasi penerus yang terus berlari mengimbangi perkembangan saat ini. Salah satu upaya nyata untuk menghadapi kondisi tersebut dengan digulirkannya pendidikan karakter di sekolah-sekolah sebagai mana tercantum dalam Undang-Undang Sisdiknas. Berbagai program mengusung pendidikan karakter seperti Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang digagas oleh Presiden Joko Widodo yang sekaligus lahirnya Perpres no 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Kareakter (PPK). Dalam Implementasinya pendidikan karakter terdapat lima nilai utama pelaksanaan penguatan karakter yang meliputi : integritas, religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong. Penguatan pendidikan karakter disekolahan dikemas dalam kegiatan pembelajaran dalam bentu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada kurikulum merdeka. Penguatan pendidikan karakter di sekolah dilakukan melalui kegiatan pembiasan-pembiasan berdasarkan kebutuhan, kondisi lingkungan dan pada akhirnya menjadi ciri khas melekat pada peserta didiknya. Yang menjadi pertanyaan saat ini, siapa yang bertanggung jawab dalam mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter ? Penguatan pendidikan karakter tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja, namum semua unsur terlibat mulai dari sekolah (guru menjadi contoh untuk siswa), di rumah (orang tua menjadi contoh untuk anaknya), siswa (saling memberi contoh prilaku positif) dan lingkungan masyarakat (memberi contoh prilaku positif pada anggota masyarakat lainnya). Pembiasaan-pembiasaan dalam penguatan pendidikan karakter tidak tercipta dalam waktu singkat tapi prosesnya membutuhkan waktu cukup lama, oleh karena itu perlu dilakukan secara berkesenambungan (terus menerus) dari level bawah yaitu lingkungan rumah, sekolah (TK-SD-SMP-SMA) mungkin sampai Perguruan Tinggi. Bila penguatan pendidikan karakter terputus disalah satu fase yang disebutkan tadi, maka penguatan pendidikan karakter akan berjalan di tempat dan bahkan mengalami kemunduran, ditambah dengan kurangnya pengawasan dari berbagai pihak tentang penguatan karakter sehingga pada akhirnya jauh dari harapan dan tujuan UU Sisdiknas yaitu menjadikan manusia berkepribadian tangguh sesuai dengan identitas Bangsa Indonesia. Pendidikan karakter akan nampak jelas keberhasilannya bila peserta didik telah berbaur dengan lingkungan masyarakat dan pembiasaan-pembiasaan selama ini dilakukan tetap melekat pada dirinya. Ini menjadi renungan untuk kita semua  untuk secara  bersama-sama terus menerus dengan semangat selalu memelihara pembiasan-pembiasan pembentuk karakter anak bangsa.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger,
Terima kasih.

Chat on Messenger