Slidebar Atas

IKLAN BARIS

Membangun Insan Kamil yang Berwawasan dan Berkemampuan Global Berlandaskan Al-Qur'an dan As-Sunnah

Selasa, 03 Oktober 2023

MENJADI GURU MASA KINI

Guru merupakan profesi yang sangat mulia, bahkan seorang guru mendapat sebutan pahlawan tanpa tanda jasa. Hal ini disebabkan tombak utama pembentuk generasi penerus bangsa ada pada guru. Berbagai macam bentuk kompetensi dan karakter masyarakat di masa depan ditentukan bagaimana seorang guru mendidik generasi di masa sekarang. Oleh sebab itu, seorang guru dituntut untuk menjadi matang dalam segala hal, seorang guru wajib memiliki kompetensi profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian.Penting bagi guru untuk sadar bahwa tidak ada manusia yang sempurna, termasuk seorang guru sekalipun. Oleh sebab itu, seorang guru harus lebih respek terhadap siswa, rendah hati, logis, toleran, yakin terhadap perubahan dan mempunyai rasa ingin tahu yang lebih.Ki Hajar Dewantarapun sudah mengingatkan bagaimana krusialnya peranan guru. Cita-Cita mulia Ki Hajar Dewantara untuk membangun pendidikan yang membuat rakyat kuat dan menjadi manusai merdeka lahir batin memerlukan para guru yang tangguh dan tahu akan perannya.



Secara aktual, guru dihadapkan pada situasi zaman yang semakin kompleks dan terus bergerak, terutama saat ini yang sudah memasuki era digitalisasi. Untuk mengimbangi tantangan teknologi di era digitalisasi, sistem pendidikan membutuhkan inovasi dan gebrakan baru pada segala bidang sebagai upaya untuk menyiapkan pendidikan yang berkualitas sehingga dapat mengejar ketertinggalan dengan negara-negara maju. Yang paling berperan untuk mengawal pembaharuan pendidikan di era digital ini adalah seorang guru.

Digitalisasi pendidikan tidak serta merta menjadi tantangan yang utuh bagi guru, disisi lain hal tersebut merupakan peluang dan membawa harapan yang lebih baik untuk dunia pendidikan, dengan catatan guru siap untuk berinovasi dalam menerapkan pembelajaran, tidak hanya mengajar tapi juga mendidik.Ruh guru menjadi sangat penting di era digital. Karena kekuatan ruh guru itu terletak pada karakter guru. Berupa nilai religius, kejujuran, toleransi, kedisiplinan, kerja keras, kreatif, kemandirian, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung Jawab. Nilai-nilai itulah yang tidak dapat digantikan oleh apapun termasuk kecanggihan teknologi. Tanpa nilai-nilai tersebut, seorang guru akan ditinggalkan. Dengan nilai-nilai karakter ini pula seorang guru akan dapat memberikan inspirasi bagi siswa.


Untuk merealisasikan peluang terciptanya generasi penerus yang lebih baik, seorang guru harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, seorang guru harus menyelaraskan kompetensinya dengan cara terus belajar untuk mengimbangi kemajuan teknologi yang sangat pesat ini. Kedua, seorang guru harus mengoptimalkan literasi digital. Literasi digital sebagai ujung tombak untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa di era digital saat ini.


Ketiga, guru harus melatih peserta didik agar mempunyai pemikiran yang analitis dan antisipatif tentang problem yang belum pernah dihadapi. Hal ini erat kaitannya dengan paradigma baru dalam mengajar. Apabila seorang guru tidak inovatif dan kreatif maka secara otomatis guru tersebut akan tereleminasi. Oleh sebab itu, seorang guru harus bisa menjadi fasilitator dan motivator terhadap siswanya. Keempat, guru harus terus meningkatkan kompetensi dirinya. Empat kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang guru harus terus digali dan dikembangkan agar seorang guru memiliki kemampuan dalam penguasaan materi secara luas dan mendalam, mengelola pembelajar, memiliki kepribadian yang baik sehingga dapat menjadi contoh bagi siswa dan membimbing, mengarahkan dan mendidik siswa untuk menjadi pribadi dan anggota masyarakat yang berkarakter.hal ini sesuai dengan (Hadist Riwayat Ali Bin Abi Thalib) yakni ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamannmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian.


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger,
Terima kasih.

Chat on Messenger