Slidebar Atas

IKLAN BARIS

Membangun Insan Kamil yang Berwawasan dan Berkemampuan Global Berlandaskan Al-Qur'an dan As-Sunnah

Senin, 02 Oktober 2023

LITERASI ENNIKI SD PLUS 2 AL-MUHAJIRIN


Masya Allah pagi yang cerah ceria, penuh semangat kami para guru dan anak-anak generasi penerus bangsa memulai kegiatan ini dengan keceriaan dan keseruan bersama untuk memberikan warna warni yang indah disekolah kami, dan awan, langit dan mataharipun seakan  tersenyum manis dengan penuh semangat  kepada kami  untuk menambah kecerian dipagi hari yang cerah ceria ini.

Setelah anak-anak dengan tertib berbaris dilapangan bersama ibu bapak gurunya dari level  1 sampai level 6 dibukalah oleh team literasi dengan mengajak anak-anak semuanya tersenyum untuk bersemangat selalu mengikuti agenda hari ini yaitu dengan tepuk semangat, menanyakan kabar anak-anak dan menggiatkan budaya literasinya, yaitu mendengarkan penjelasan team literasi ibu Solihati, S.Ud dan ibu Indah.

Di hari Senin, 1 Oktober 2023 setiap awal bulan di isi oleh program sekolah dengan kegiatan Literasi yaitu literasi Enniki. Yaitu semua anak-anak dan semua warga sekolah berkumpul dilapanangan sekolah SDS Plus 2 Al Muhajirin dengan berbaris dan sudah membawa perlengkapan kegiatan yang akan kita lakukan hari ini yaitu dengan membawa buku gambar, krayon dan alat tulis.


Apa itu literasi Enniki yaitu menggambar dengan menulis karena kegiatan literasi itu bukan hanya membaca dan berhitung tetapi juga bisa untuk menggambar dan menuliskan deskripsinya agar anak-anak generasi penerus bangsa untuk bercerita melalui gambar (visual) dan kekuatan menuliskan narasi/esai dalam sebuah karya.

Kemudian langkah selanjutnya  setelah kami menjelaskan apa itu literasi enniki kepada anak-anak generasi penerus bangsa anak-anak diajak untuk melihat apa yang kami bawa yaitu membawa sebuah snack yang dibantu oleh wali kelas dan guru kelas untuk memperlihatkan kepada anak-anak sebuah kemasan snack untuk anak-anak gambar bersama dan diwarnai bersama gambarnya untuk level 1-3 yaitu snack NexTar nastar dan untuk level 4-6 yaitu snack sehatnya Go Potato, setelah anak-anak menggamabr dan mewarnai kita buka isi kemasan dalam snacknya untuk digambar kembali dan diwarnai selanjutnya anak-anak diajak untuk menuliskan deskripsinya yaitu warnanya apa? Rasanya seperti apa? Dan terbuat dari apa saja?. Anak-anak  generasi penerus bangsa dengan antusias dan serunya melaksanakan kegiatan literasi  ini semoga anak-anak bisa berkreasi dengan hati yang gembira sehigga bisa menghasilkan karya yang bermanfaat untuk semuanya.sehat-sehat selalu ya anak-anak hebat . sekolah juga akan memberikan hadiah reward untuk anak-anak yang gambar dan isi deskripsinya terbaik. Sehingga menambah semangat anak-anak.

Diawal bulan ini juga sekolah memberikan apresiasi kepada anak-anak generasi penerus bangsa yaitu diberikan piala yang sangat besar yaitu paso terbaik (mengembangkan ibadah anak-anak dengan setiap malam wali santri melaporkan ibadahnya anak-anak agar bisa dikuatkan kembali disekolah  yaitu agar anak-anak bisa solat tepat waktu dan mengaji habis maghrib serta mengisi link pasonya dengan tepat waktu) yang kedua kelas terdisiplin  ( santri datang ke sekolah tepat waktu dan mengerjakan tugas dengan tepat waktu ) dan kelas terbersih (santri selalu buang sampah pada tempatnya dan kelas selalu bersih dan rapi )  serta guru terbaik diberikan penghargaan dan uang tunai sebesar  Rp 300.000. inilah kegiatan senin diawal bulan ini, semoga anak-anak generasi penerus bangsa dan para guru dan semua warga sekolah selalu sehat, selalu semangat dalam menjalankan tugas dan amanahnya dengan sebaik baiknya, menjadi pribadi yang terus belajar agar lebih baik lagi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger,
Terima kasih.

Chat on Messenger