Slidebar Atas

IKLAN BARIS

Membangun Insan Kamil yang Berwawasan dan Berkemampuan Global Berlandaskan Al-Qur'an dan As-Sunnah

Senin, 02 Oktober 2023

MENJADI GURU YANG BERMARTABAT

 Pendidikan merupakan hal yang dianggap penting di dunia, karena dunia butuh akan orang-orang yang berpendidikan agar bisa membangun Negara yang maju. Guru umumnya merujuk kepada pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, dan mengevaluasi peserta didik. Guru tidak hanya sekedar mentransfer ilmu, sejatinya seorang guru yang disenangi siswa harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan penuh rasa tanggung jawab. Etika yang baik serta berpenampilan sopan yang akan menunjang kelangsungan seorang guru, guru itu memiliki arti “digugu dan ditiru”.


Guru yang sopan membuat orang segan. Guru yang santun dapat menjadi teladan di semua lingkungan. Nah, guru seperti apa sih yang sesuai? Guru adalah manusia yang merdeka. Banyak pilar karakter yang harus kita tanamkan kepada anak-anak penerus bangsa, diantaranya adalah kejujuran. Kejujuran merupakan hal yang paling pertama harus kita tanamkan pada diri ataupun anak-anak penerus bangsa karena kejujuran adalah benteng dari semuanya. Guru yang sesuai adalah guru yang bermartabat, maksudnya.. Selain didukung oleh pribadinya yang jujur, bertanggung jawab, berjiwa ocial tinggi; guru yang bermartabat senantiasa menjalankan pengabdiannya tanpa pernah memikirkan kapan naik pangkat atau jabatan. Tidak melihat berapa penghargaan dan berapa sertifikat yang ia dapatkan, tidak pernah memamerkan diri dan selalu rendah dalam menerima pujian. Semua itu hanya menjadi penghargaan semu baginya.

Guru bermartabat juga guru yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling mulia, sebab itu guru bermartabat tidak akan mengotori kemuliaan yang dilimpahkan Tuhan kepadanya. Ia akan selalu menjunjung tinggi kemuliaan manusia, bukan sekadar kemuliaan dirinya sendiri melainkan juga kemuliaan manusia secara umum.Ini berarti bahwa guru bermartabat menyadari betul bahwa orang lain juga bermartabat. Guru bermartabat menghormati orang lain, seperti halnya dia menghormati dirinya sendiri dan berharap orang lain juga menghormati dirinya. Dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran, guru bermartabat juga sangat menghargai murid-muridnya, apa pun latar belakang kehidupan keluarga muridnya itu.

Kepentingan mencari ilmu turut digariskan dalam agama. Bagi agama Islam hal tersebut begitu jelas melalui sabda Rasulullah SAW yang bermaksud: “Siapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan menunjukkan jalan yang perlu ditempuhnya untuk menuju ke syurga”. Orang suskses mampu meraih kesuksesannya karena ia memiliki pola pikir tentang kesuksesan. Sadarilah bahwa menjadi sukses itu tidaklah mudah dan instan. Sekecil apapun yang kamu perbuat setiap hari, lalu perbaikilah kesalahan tersebut.



Penulis ArtikelTyasiska, S.PdWali Kelas 6 Dhahran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger,
Terima kasih.

Chat on Messenger