Slidebar Atas

IKLAN BARIS

Membangun Insan Kamil yang Berwawasan dan Berkemampuan Global Berlandaskan Al-Qur'an dan As-Sunnah

Kamis, 05 Oktober 2023

BELAJAR TIK

Kamis, 05 Oktober 2023

 MENGENAL MENU INSERT
 
SDN Suryakencana CBM - Materi TIK 5 Kelas 5 Semester 1

Materi yang akan kita bahas kali ini mengenai Menu Insert yang ada di Microsoft Excel, Menu Insert pada Microsoft Excel 2010 berisi group, Tables, Illustrations, Charts, Sparklines, Filter, Links, Text dan Symbols. Group-group tersebut memiliki fungsi masing-masing, seperti menyisipkan tabel, gambar atau ilustrasi dan WordArt ke dalam dokumen yang kita buat.

Sebelum kita mulai bahas materi sedikit kita ulas mengenai beberapa hal mengenai Microsoft Excel dan untuk mengingatkan kembali materi sebelumnya, ciri Microsoft Excel berwarna putih dengan garis hijau / ada kotak pada lembar kerjanya (lembar kerja berwarna putih). Cara membuka melalui tampilan desktop kita hanya perlu mengklik dua kali / ganda pada ikon Microsoft Excel. 

Dalam Microsoft Excel 2010 mempunyai kolom sebanyak 16.384, dan kolom diwakilkan dalam bentuk huruf.

Sebuah sel yang aktif ditandai dengan adanya garis yang tebal jika diklik dengan pointer ataupun dengan melihat di namebox.

Title Bar atau baris judul, yaitu bagian dari jendela Microsoft Excel yang memuat nama file dan program yang sedang aktif.

Group Scale to Fit digunakan untuk mengatur opsi pencetakan Workbook.

Quick Access Toolbar merupakan bagian dari jendela Microsoft Excel yang memuat ikon-ikon yang seriung digunakan, milsanya, Save, Undo, Redo dan Ikon-ikon lain yang dapat ditambahkan.

Row atau Baris merupakan bagian area kerja pada Microsoft Excel yang mendatar.

Range merupakan kumpulan dari beberapa sel. 

Scale to fit digunakan untuk mengatur opsi pencetakan workbook.

Baiklah kita lanjut bahas mengenai Group yang ada di Menu Insert beserta fungsinya

a. Group Tables

Group Tables digunakan untuk mengelola data dengan model pivot tabel

Group Table Ms.Excel

Manfaat membuat tabel pada excel adalah mempermudah dalam mengolah dan menganalisa data yang Anda miliki. Seperti untuk melakukan aktifitas pengurutan (sort), memfilter, mempercantik tampilan serta mempermudah dalam penulisan serta menggunakan rumus-rumus excel.

Pivot Table adalah sebuah tabel interaktif yang dalam waktu singkat bisa menampilkan ringkasan data dalam jumlah yang besar dalam bentuk dan orientasi yang berbeda serta mampu melakukan kalkulasi pada setiap item yang dibutuhkan dengan menggunakan cara perhitungan sesuai kebutuhan.

b. Group Illustrations

Group Illustrations dugunakan untuk menyusipkan gambarm grafik, SmartArt, seperti struktur organisasi dan lainny.

Group Illustration Excel

Picture berfungsi untuk Menyisipkan atau memasukkan suatu gambar ke dalam document yang anda buat, gambar-gambar yang anda masukkan bisa anda cari sendiri di media pentimpanan kita (hardisk, fdisk n dll).

Online Picture, fungsinya hampir sama dengan icon picture, namun fungsi ini menyisipkan gambar secara online, sehingga kamu harus tersambung ke internet sebelum menggunakan icon ini, selain itu kamu juga dianjurkan untuk login sesuai username yang telah kamu daftarkan di akun microsoft.

Shapes digunakan untuk memasukkan ataupun menyisipkan gambar-gambar bagunan seperti Garis (Lines), tanda panah (Block Arrow), Flowchart, Callouts dan juga Stars and banners.

Smartart  fungsinya menyisipkan ataupun menampilkan diagram ataupun bagan pada lebar kerja anda (document). Seperti diagram Process, Cycle, Hierachy, Relationship, Matrix, Pyramid.

Fungsi dari screenshot atau menggunakan screenshot ini adalah merekam gambar dari screen atau layar monitor yang sedang aktif. Anda dapat menggunakan screenshot ini untuk menambahkan gambar pada artikel anda atau lembar kerja anda mulai dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point dan lain sebagainya.

c. Group Charts

Group Chart digunakan untuk memilih, mengubah dan mengatur grafik.

Group Chart Microsoft Excel

d. Group Sparklines

Sparklines Excel

Sparklines adalah salah satu fitur microsoft excel yang berfungsi untuk menampilkan data dalam bentuk grafik yang sederhana. Sparklines di excel sering digunakan dalam penyajian data dalam bentuk Dashboard biasanya digunakan sebagai alat untuk menampilkan fluktuasi atau pergerakan suatu data. Sparkline pertama kali diperkenalkan pada microsoft Excel 2010 hingga pada versi terahkir 2016 masih dipertahankan.

e. Group Filter

Group Filter Excel

Slicer adalah fasilitas excel yang berfungsi untuk memfilter data secara interaktif pada tabel dan PivotTable. memfilter menggunakan Slicer dan timeline slicer kita dapat meyaring data dengan cara yang berbeda dan lebih interaktif.

f. Group Links

Group Links digunakan untuk menghubungkan lembar kerja ke tempat lain atau membuat link ke tempat yang lain.

Group Link Excel

g. Group Text

Group Text digunakan untuk membuat TextBox, WordArt, Symbol dan lainnya

Group Text Excel

Text Box merupakan menu yang dapat digunakan untuk membuat sebuah teks atau angka dengan media berupa sebuah kotak. ... Sedangkan pada Text Box huruf atau angka yang dimasukan sesuai dengan huruf standar seperti pada saat kita menulis dalam cell atau sheet Excel.

Fungsi fasilitas pada wordart styles : WordArt styles, digunakan untuk mengubah gaya teks. Shape Fill, mengubah tema warna teks, secara default warna teks wordart style 1 adalah putih dengan garis pinggir abu-abu. ... Change shape, digunakan untuk mengubah bentuk teks.

Signature Line adalah kita akan memberikan tanda tangan digital dan memproteksi sheet yang sudah kita kerjakan supaya tidak diubah oleh orang lain. Proteksi ini akan memunculkan foto atau tanda tangan kita didalam kotak Signature Line.

Object pada Excel adalah Sebuah bentuk benda pada aplikasi excel yang berisi sekumpulan data serta mencerminkan sesuatu dan kemampuan melakukan sesuatu atau merespon perlakuan terhadapnya sebagai satu kesatuan.

Header dan footer pada lembar kerja microsoft excel digunakan untuk memberikan keterangan yang berada diatas (header) dan dibawah (footer) dari lembar kerja kita. Dengan header dan footer penulis dapat memberikan pesan atau keterangan yang bertujuan untuk meperjelas dan memberikan identity dari dokumen tersebut.

h. Group Symbols

Group Symbol Excel

Equation adalah untuk memasukkan rumus dan symbol yang tidak terdapat dalam keyboard.

Symbol untuk memasukan simbol yang tidak ada dalam keyboard

Symbol Excel 

 

Iwan Wahyudi, SE

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger,
Terima kasih.

Chat on Messenger