Slidebar Atas

IKLAN BARIS

Membangun Insan Kamil yang Berwawasan dan Berkemampuan Global Berlandaskan Al-Qur'an dan As-Sunnah

Senin, 16 Januari 2023

Pengertian Lambang Pramuka

Pengertian Lambang Pramuka

Lambang Gerakan Pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan sifat, keadaan, nilai dan norma yang dimiliki oleh setiap anggota Gerakan Pramuka yang dicitacitakan oleh gerakan Pramuka. Lambang tersebut diciptakan oleh Almarhum Bapak Soenardjo Atmodipuro, seorang Pembina Pramuka yang aktif bekerja sebagai pegawai tinggi Departemen Pertanian. Lambang Gerakan Pramuka ini digunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961, pada panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia yang dianugerahkan kepada Gerakan Pramuka.


Pramuka memiliki lambang yang sering kita lihat adalah tunas kelapa. Lambang Pramuka merupakan simbol atau tanda pengenal untuk organisasi gerakan pramuka yang bersifat tetap. Lambang Pramuka yaitu tunas kelapa ini dibuat oleh seorang pegawai Departemen Pertanian, beliau juga seorang tokoh pramuka yakni Soenardjo Atmodipurwo.

Lambang pramuka ini pertama kalinya digunakan tepatnya pada tanggal 14 Agustus 1961, yaitu pada saat Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno memberikan panji Gerakan Pendidikan Kepanduan nasional Indonesia kepada organisasi Gerakan Pramkua melalui keputusan Presiden Republik Indonesia No. 448 tahun 1961.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger,
Terima kasih.

Chat on Messenger